Kebijakan Privasi WERK
Terima kasih telah memilih dan menggunakan PT KerjaKu Kerja Hebat dan afiliasinya (“KKH” atau “Kami”) untuk manajemen perusahaan Anda. Kebijakan Privasi ini adalah kebijakan dari kami untuk mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi data Anda sebagai pengguna Situs web atau aplikasi Werk sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kami komitmen penuh dalam melindungi Informasi Pribadi Anda dan bertanggung jawab dalam menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan data yang berintegritas tinggi, menjadikan keamanan Informasi Pribadi Anda sebagai prioritas utama kami. Kebijakan Privasi ini berlaku bagi semua pengguna Layanan yang mengakses melalui dan menggunakan situs web dan/atau aplikasi kami, termasuk setiap pihak yang bekerja sama dengan kami.
Dengan dunia kerja yang semakin kompleks, Kami berusaha mengembangkan berbagai layanan yang akan membantu Anda dalam pekerjaan sehubungan dengan bidang-bidang yang termasuk namun tidak terbatas pada SDM (Sumber Daya Manusia), keuangan, dan komunikasi internal yang sejalan dengan sektor SDM dan operasional perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mencakup bidang-bidang lainnya di kemudian hari. layanan termasuk namun tidak terbatas pada Werk ESS, Werk Personalia, Werk Kehadiran, Werk Job Portal, Werk Penggajian, Werk CRM, Werk Intranet, Werk LMS, dan layanan-layanan lainnya mana pun yang akan dikembangkan oleh Kami seiring berjalannya waktu (untuk selanjutnya disebut sebagai “Layanan”).
Pengantar
Kami akan menjelaskan bagaimana dan mengapa kami memproses Informasi Pribadi Anda serta ketentuan dan tanggung jawab kami terkait pemrosesan Informasi Pribadi Anda.
Kami menegaskan bahwa dalam mengumpulkan dan memproses Informasi Pribadi Anda, kami dapat bertindak selaku pengendali dari Informasi Pribadi Anda. Dalam kondisi tersebut, sebelum Anda menggunakan layanan dan/atau menyerahkan Informasi Pribadi Anda atas layanan, artinya Anda telah memberikan persetujuan secara penuh kepada kami untuk memproses Informasi Pribadi Anda.
Dengan menggunakan Layanan, Anda sebagai pengguna telah memberikan persetujuan secara penuh kepada kami dan setuju dengan seluruh syarata dan ketentuan yang terdapat dalam Kebijakan Privasi ini. Oleh karena itu, kami mewajibkan Anda untuk membaca Kebijakan Privasi ini agar Anda memahami bagaimana kami mengelola Informasi Pribadi Anda dan perlindungan data yang kami terapkan.
Kami berharap Kebijakan Privasi ini dapat memberikan pemahaman tentang komitmen kami dalam melindungi Informasi Pribadi Anda. Apabila Anda memerlukan pertanyaan lebih lanjut atau penjelasan lebih lanjut terkait Kebijakan Privasi kami, kami siap membantu Anda melalui bagian “Kontak” dalam Kebijakan Privasi ini. Namun, apabila Anda tidak setuju dengan Kebijakan Privasi ini, Anda berhak memilih untuk tidak menggunakan Layanan.
Definisi
- Cookies: File kecil yang menyimpan preferensi dan aktivitas Anda saat mengunjungi situs web.
- Hukum Privasi: Hukum privasi dan perlindungan data yang berlaku di yurisdiksi tertentu yang mengatur pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, dan hak akses atas Informasi Pribadi.
- Hukum yang Berlaku: Seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia termasuk yurisprudensi selama Kebijakan Privasi ini berlaku.
- Informasi Pribadi: Termasuk informasi sensitif atau data pribadi yang berkaitan dengan individu yang dapat diidentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Informasi yang kami kumpulkan
Kami mengumpulkan Informasi Pribadi saat Anda berinteraksi dengan kami dan menggunakan layanan, mencakup:
- Data Identitas: Informasi diri dan perusahaan sebagai keperluan terkait dengan fitur-fitur layanan, termasuk nama, nama alias, NIK, KTP, NPWP, dokumen keimigrasian (WNA), jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, swafoto, agama, rekaman gambar, data keluarga, data keuangan.
- Data Korespondensi: Informasi untuk menghubungi Anda, seperti alamat email, nomor ponsel, nomor kontak lain atau Informasi kontak darurat, alamat rumah, alamat domisili.
- Data Biometrik: Informasi berupa gambar wajah yang dikumpulkan selama proses absensi untuk mengidentifikasi dan memverifikasi kehadiran karyawan.
- Data Akun: Informasi terkait akun Werk Anda, seperti alamat email pengguna dan kata sandi untuk akses ke semua fitur Werk.
- Data Transaksi: Informasi mengenai riwayat transaksi keuangan, termasuk penggajian karyawan, pengajuan anggaran, penggantian biaya sesuai kebijakan, dan pinjaman. Catatan: Apabila perusahaan Anda berlangganan Layanan Learning Management System (LMS) untuk karyawan, maka transaksi tersebut juga akan dicatat di sini.
- Data Pembayaran: Informasi terkait pembayaran atau transfer yang Anda lakukan melalui layanan, termasuk namun tidak terbatas pada data yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran, rincian penerima (termasuk informasi rekening mereka), metode pembayaran yang digunakan, jumlah pembayaran, serta rincian tagihan dan faktur.
- Data Kinerja: Informasi terkait pencapaian dan dukungan untuk pengembangan karier, termasuk Key Performance Indicators (KPI), serta tugas dan proyek yang sedang atau sudah dikerjakan.
- Data Perangkat: Informasi terkait model perangkat, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama dan versi file, bahasa yang dipilih, pengenal unik perangkat, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, serta informasi jaringan seluler yang digunakan untuk mengakses layanan.
- Data Lokasi: Informasi lokasi Anda saat menggunakan layanan dan apabila Anda memberikan izin kepada aplikasi, yang dapat ditentukan dengan berbagai akurasi melalui GPS, alamat IP, sensor perangkat, serta informasi terkait perangkat di sekitar Anda, seperti titik akses Wi-Fi, menara seluler, dan perangkat yang mengaktifkan Bluetooth.
- Data Catatan (Log): Informasi catatan yang diterima oleh server kami, seperti alamat IP perangkat, geolokasi, tanggal dan waktu akses, fitur atau halaman yang dilihat, aktivitas sistem lainnya, jenis browser yang digunakan.
- Data Teknis: Informasi terkait penggunaan layanan, seperti user ID, alamat IP, halaman yang dilihat, durasi kunjungan, layanan pesan dan pencarian, ID perangkat internet atau alamat kontrol akses media, serta informasi teknis perangkat, termasuk produsen, model, sistem operasi, dan laporan crash perangkat yang Anda gunakan.
Cara kami mengumpulkan informasi
Kami mengumpulkan Informasi Pribadi Anda dengan beberapa cara berbeda, yakni:
- Langsung dari Anda: Saat Anda mendaftar dan membuat akun Werk, serta menggunakan Layanan dengan hanya dan/atau mengunjungi situs web kami.
- Secara tidak langsung: Melalui pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami, termasuk informasi dari sumber data publik seperti catatan pemerintah apabila diperlukan dan sebagaimana diwajibkan.
- Melalui Aktivitas Daring: Menggunakan Cookies dalam mengumpulkan Data Penggunaan dan Perangkat Anda saat menggunakan Werk seperti aktivitas penelusuran, halaman yang dilihat, alamat IP, dan lokasi (jika diizinkan).
Informasi ini dikumpulkan saat perangkat Anda mengakses server kami, misalnya, saat aplikasi diunduh dari Google Play Store dan Apps Store atau diperbarui secara otomatis. Informasi yang dikumpulkan mencakup seperti jenis perangkat Anda, nama operator, laporan kerusakan.
Jika Anda tidak Masuk ke akun Werk, informasi ini disimpan dengan ID unik terikat pada perangkat, aplikasi, atau browser Anda. Namun, jika Anda Masuk, data yang dikumpulkan akan tersimpan dalam akun Werk dan dianggap sebagai Informasi Pribadi.
Apabila Anda memberikan Informasi Pribadi milik individu lain kepada kami (seperti Data Pribadi pasangan, anggota keluarga, atau pihak lain (untuk selanjutnya disebut ‘pihak lain’)), dapat dinyatakan bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dan melalui Kebijakan Privasi ini, dan dari individu tersebut untuk kami dapat mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan memproses Data Pribadi mereka.
Kami tidak bertanggung jawab atas setiap tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak lain tersebut.
Cara kami menyimpan, menghapus, dan permintaan pengembalian Informasi Pribadi
Kami hanya akan menyimpan Informasi Pribadi selama Anda menggunakan dan/atau memanfaatkan Layanan. Penyimpanan Informasi Pribadi ini bertujuan agar Anda tetap dapat memanfaatkan Layanan.
Kami hanya akan menghapus Informasi Pribadi Anda, setelah Anda memutuskan berhenti menggunakan Layanan. Anda dapat juga meminta (i) salinan Informasi Pribadi Anda dan/atau (ii) penghapusan Informasi Pribadi Anda, paling lambat dalam 30 hari kalender setelah pengakhiran Layanan. Namun, Data biometrik seperti foto absensi akan disimpan hingga 90 hari sejak tanggal pengambilan sebelum dihapus secara permanen dari sistem Kami.
Cara kami menggunakan Informasi Pribadi Anda
Kami mengumpulkan Informasi Pribadi Anda yang memiliki dasar hukum dengan tujuan:
- Untuk menyediakan layanan utama, mengelola akun, dan mendukung operasional pengguna terdaftar.
- Untuk menyesuaikan dan meningkatkan produk dan jasa melalui kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman personal dan melakukan pemeliharaan, pengembangan, serta kustomisasi Layanan sesuai kebutuhan pengguna.
- Untuk mengkomunikasikan informasi terkait penggunaan Layanan dan memberikan dukungan teknis.
- Untuk mengirimkan informasi pemasaran dan promosi yang relevan melalui berbagai saluran komunikasi (email, SMS, media sosial).
- Untuk memverifikasi identitas pengguna.
- Untuk mendaftarkan, mengelola akun, serta menginformasikan aktivitas pada Layanan.
- Untuk mendeteksi dan mencegah penipuan serta meningkatkan keamanan jaringan dan sistem Layanan.
- Untuk mematuhi hukum dan otoritas berwenang.
- Untuk membagikan data dengan afiliasi atau pihak ketiga, seperti vendor atau mitra, bila diperlukan untuk transaksi atau promosi (dengan persetujuan Pengguna).
- Untuk penggunaan fitur-fitur dalam layanan yang mungkin memerlukan Informasi Pribadi Anda.
Kami menggunakan berbagai macam teknologi untuk memproses Informasi Pribadi Anda sesuai dengan maksud dan tujuan dalam Kebijakan Privasi ini. Dengan sistem otomatis, kami dapat menganalisis konten Anda guna memberikan hasil pencarian dan fitur yang disesuaikan dengan cara Anda menggunakan Layanan, serta mendeteksi penyalahgunaan seperti spam, malware, ataupun konten ilegal.
Sehubungan dengan tujuan yang kami jelaskan, Anda memiliki hak untuk menarik persetujuan kapan saja atau menghubungi kami melalui “Kontak” dalam Kebijakan Privasi ini.
Cara kami mengungkapkan Informasi Pribadi Anda
Kami dapat membagikan Informasi Pribadi Anda, apabila:
- Anda telah memberikan persetujuan.
- Diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
- Diminta oleh pemerintah atau berdasarkan perintah pengadilan.
Kami pastikan pengungkapan ini sesuai dengan Kebijakan Privasi dan tidak akan menjual atau menyewakan informasi pribadi Anda kepada pihak lain. Sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, Kami hanya akan mengungkapkan, memberikan akses, atau membagikan Informasi Pribadi Anda dengan persetujuan Anda.
Apabila Anda menyetujui pengungkapan kepada pihak ketiga, maka Kami diizinkan untuk mengirimkan data tersebut, dan Anda membebaskan Kami dari tanggung jawab atas pemrosesan oleh pihak ketiga. Kami menyarankan Anda untuk meninjau kebijakan privasi pihak ketiga sebelum memberikan persetujuan.
Selain pengungkapan sebagaimana kami sampaikan di atas, Informasi Pribadi Anda juga dapat terungkap ketika menggunakan fitur Platform atau media sosial kami, sehingga harap diperhatikan bahwa Informasi Pribadi yang Anda atau pihak lain bagikan dapat dilihat oleh publik. Kami tidak bertanggung jawab atas informasi yang Anda ungkapkan di ruang publik dan penggunaannya oleh pihak lain yang tidak terikat dengan Kebijakan Privasi ini.
Informasi Pribadi Anda dapat terungkap dalam situs web atau tautan pihak ketiga yang terkait dengan Layanan. Informasi Pribadi yang Anda berikan di situs tersebut berada di luar kendali kami sehingga kami tidak bertanggung jawab atas informasi yang Anda bagikan di situs-situs tersebut, dan kami menyarankan Anda untuk meninjau Kebijakan Privasi mereka sebelum memberikan informasi lebih lanjut.
Hak Anda atas Informasi Pribadi
Kami mengerti dan menyadari bahwa Informasi Pribadi merupakan hak dan aset terpenting bagi Anda. Maka dari itu, berikut kami informasikan hak-hak yang Anda miliki sebagai Pengguna, yakni:
- Hak Akses Informasi dan Perbaikan: Anda memiliki hak untuk mengakses serta memperoleh salinan Informasi Pribadi yang kami kumpulkan. Selain itu, Anda dapat melengkapi, memperbarui, menghapus, dan/atau memperbaiki Informasi Pribadi yang salah atau tidak akurat.
- Penghapusan dan/atau Pemusnahan: Anda berhak meminta penghapusan Informasi Pribadi Anda dalam situasi tertentu, seperti apabila data sudah tidak diperlukan. Namun, kami tetap harus mematuhi kewajiban hukum yang berlaku.
- Pembatasan Pemrosesan: Anda dapat meminta pembatasan pemrosesan Informasi Pribadi Anda pada keadaan tertentu, seperti Anda meragukan keakuratan informasi tersebut.
- Penarikan Persetujuan: Anda dapat menarik persetujuan kapan saja, namun hal tersebut mungkin dapat membatasi atau menghentikan akses Anda ke Layanan.
Sehubungan dengan permohonan Anda untuk menarik kembali persetujuan Anda, penarikan persetujuan tersebut memungkinkan dapat mengakibatkan penghentian akun atau hubungan kontraktual Anda bersama Kami, dengan kewajiban yang masih harus dipenuhi.
Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan guna pemrosesan Informasi Pribadi Anda, Kami akan menginformasikan kepada Anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi atas penarikan tersebut sehingga Anda dapat mempertimbangkan keputusan ini lebih lanjut.
Kami berhak menolak permintaan penarikan apabila permintaan tersebut tidak relevan dengan Informasi Pribadi yang kami simpan atau jika pemohon tidak memiliki otoritas sah atas data tersebut, atau jika permintaan tersebut bertentangan dengan ketentuan Hukum yang Berlaku atau kebijakan internal kami.
Penggunaan cookies
Kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman Anda saat menggunakan situs web atau aplikasi kami guna membantu kami memahami cara Anda berinteraksi dengan Layanan. Dengan cookies, kami dapat:
- Mengingat Preferensi Anda: Kami menyimpan informasi Masuk dan pengaturan yang Anda pilih untuk memudahkan akses di kunjungan berikutnya.
- Menganalisis Perilaku Pengguna: Kami mengumpulkan data untuk memahami pola penggunaan dan meningkatkan layanan.
- Menawarkan Layanan yang Disesuaikan: Cookies memungkinkan kami menyajikan konten dan penawaran yang relevan dengan kebutuhan Anda.
Anda dapat mengelola preferensi cookies dan berhak memilih menerima atau menolak berbagai jenis cookies melalui pengaturan di browser Anda. Anda memahami bahwa sebagian besar browser menerima cookies secara otomatis, sehingga mungkin Anda perlu menghapus atau menonaktifkan cookies secara manual jika Anda tidak menginginkan cookies tersebut digunakan.
Kami sangat menghormati privasi Anda dan berusaha memberikan Anda kendali penuh atas penggunaan cookies di situs web dan/atau aplikasi kami yang disesuaikan dengan preferensi Anda. Dengan mengelola preferensi cookies, Anda dapat menyesuaikan pengalaman Anda di situs web dan/atau aplikasi kami yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, harap diperhatikan bahwa jika menonaktifkan cookies, mungkin dapat memengaruhi fungsi dan pengalaman Anda saat menggunakan situs web dan/atau aplikasi kami.
Akses terhadap Informasi Pribadi Anda
Kami membatasi akses terhadap Informasi Pribadi Anda hanya kepada pihak-pihak yang memiliki otoritas dan relevansi, yaitu:
- Administrator atau Tim HR Perusahaan Anda: Administrator atau tim HR yang ditunjuk oleh perusahaan Anda memiliki hak akses untuk mengelola data yang diperlukan, termasuk data kehadiran, pengajuan cuti, atau informasi lain yang relevan dengan operasional perusahaan.
- Karyawan: Anda sebagai pemilik data memiliki hak untuk mengakses dan mengelola Informasi Pribadi Anda melalui Layanan, sesuai dengan batasan akses yang ditetapkan.
- Pihak Ketiga: Kami dapat memberikan akses kepada pihak ketiga dan/atau afiliasi yang bekerja sama dengan Kami, seperti penyedia layanan teknologi atau pemrosesan data, namun hanya setelah memperoleh persetujuan resmi dari Anda.
Kami memastikan bahwa semua pihak yang diberikan akses terhadap Informasi Pribadi Anda mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku serta standar keamanan data yang ketat. Kami tidak mengizinkan akses tidak sah terhadap Informasi Pribadi Anda dan menggunakan teknologi keamanan terkini untuk mencegah pelanggaran. Anda dapat menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan akses data ini.
Keamanan Informasi Pribadi Anda
Kami sangat peduli dengan keamanan Informasi Pribadi Anda dengan menerapkan standar ISO 27001 dalam Sistem Manajemen Keamanan Informasi untuk menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data. Langkah-langkah yang kami ambil untuk melindungi Informasi Pribadi Anda, yakni:
- Standar Keamanan Tinggi: Kami menerapkan teknologi canggih untuk melindungi data Anda dari akses yang tidak sah.
- Tindakan Mandiri: Pastikan untuk menjaga detail Akun dan kata sandi Anda tetap rahasia serta tidak membagikan detail tersebut kepada siapa pun.
- Kepatuhan Terhadap Kebijakan dan Akses Terbatas: Semua data pribadi hanya dapat diakses oleh personel yang berwenang atau pihak ketiga yang berwenang, dan personel tersebut akan diinstruksikan untuk mematuhi ketentuan Kebijakan ini ketika mengakses informasi pribadi tersebut.
- Data Terenkripsi: Informasi sensitif yang Anda kirimkan kepada kami akan dilindungi dengan enkripsi, sehingga aman dari pengintaian.
Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan Informasi Pribadi Anda melalui penerapan sistem perlindungan yang memadai, termasuk penyimpanan data di server Kami yang berlokasi di Indonesia. Sistem ini dirancang untuk mencegah akses, penggunaan, pengungkapan, atau perubahan data secara tidak sah.
Anda bertanggung jawab atas kelalaian dalam menjaga Informasi Pribadi yang terjadi di luar tanggung jawab Kami. Harap diingat, tidak ada sistem transmisi atau penyimpanan data yang sepenuhnya aman, sehingga kewaspadaan Anda sangat diperlukan.
Catatan: Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Pribadi yang Anda berikan melalui internet mengingat pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Kami menyarankan Anda untuk berhati-hati saat memberikan Informasi Pribadi selama menggunakan layanan.
Pembaruan kebijakan privasi
Kami dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Apabila terdapat perubahan, kami akan memberitahu Anda melalui situs web dan/atau aplikasi kami. Perubahan terhadap Kebijakan ini akan ditandai dengan tanggal revisi yang diperbarui di bagian atas halaman ini, dan perubahan tersebut akan berlaku segera setelah kebijakan diperbarui. Kami mendorong Anda untuk memeriksa kebijakan ini secara berkala guna memastikan Anda selalu memahami ketentuan terbaru.
Bahasa
Apabila Kebijakan Privasi ini tersedia dalam beberapa bahasa dan terdapat ketidaksesuaian antarbahasa, maka teks dalam Bahasa Indonesia yang akan tetap berlaku.
Kontak
Apabila Anda ingin mengajukan pertanyaan mengenai pemrosesan Data Anda atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan Kebijakan Privasi ini, silakan menghubungi Kami melalui email, yaitu admin@werk.co.id.
Catatan Penting
Kebijakan Privasi ini berlaku hanya untuk pengguna dan tidak memberikan hak kepada pihak ketiga. Kami tidak memiliki kewajiban selain yang diatur dalam kebijakan ini.
Terima kasih telah membaca dan menyetujui seluruh informasi yang ada pada Kebijakan Privasi kami.